Selasa, 10 Mei 2016

Tempat Wisata di kotaku Mojokerto

Tempat - Tempat Wisata disekitar Tempat Tinggalku (Kotaku  MOJOKERTO)

           Semenjak hijrah dari kota Surabaya ke kota Mojokerto, Aq dan Istriku telah berkeliling-keliling ke beberapa tempat wisata disekitar tempat tinggalku di mojokerto. Ternyata ada beberapa obyek wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lain di Indonesia. Berbagai jenis atau tempat pariwisata dapat dijadikan alternatif sebagai pelepas lelah bekerja selama sebulan bekerja bersama keluarga, berikut tempat wisata yang dapat dijadikan jujukan liburan anda :

1. Berbagai Situs/Candi Peninggalan Purbakala didaerah Trowulan / Menelusuri jejak kejayaan Kerajaan Mojopahit (cocok untuk pengenalan sejarah) :


a.  Museum Trowulan
Musem Trowulan berada di Jalan Pendo Agung, Desa Trowulan, , kecamatan Trowulan ,Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia
Museum Trowulan adalah Tempat pelestarian berbagai peninggalan zaman purbakala , khususnya peninggalan Kerajaan Mojopahit jaman dahulu ,yang selayaknya menjadi salah satu pilihan wisata yang cocok bagi anak-anak. Selain menambah wawasan secara teori, anak-anak juga bisa melihat langsung berbagai koleksi peninggalan purbakala yang dilestarikan sekaligus melakukan observasi  dari dekat.

Situs Kedaton yang lokasinya berada di Dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Di sana, anda akan melihat suatu kompleks yang berisi sisa bangunan kuno yang terbuat dari batu bata merah yang diduga merupakan sisa bangunan dari abad ke-13 dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Di daerah Situs Kedaton kita juga dapat melihat Sumur Upas yang tempatnya masih berada di sekitar Situs Kedaton.

Sama seperti lokasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Situs Kedaton, Candi Bajang Ratu juga terletak di Kecamatan Trowulan. Lebih tepatnya, salah satu candi Trowulan peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Mojokerto ini terletak di Desa Temon wilayah tersebut.

Makam Troloyo menyimpan banyak sejarah masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi obyek wisata bersejarah yang layak dikunjungi dan berhasil menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Makam ini berada di Kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo yang sering dijadikan tempat wisata berziarah oleh masyarakat ataupun wisatawan.

Selain berkunjung ke Candi Bajang Ratu, anda juga bisa mendatangi candi lainnya yang ada di Kecamatan Trowulan, yaitu Candi Brahu. Candi Brahu yang berada di Desa Bejijong ini dapat anda kunjungi ketika liburan dengan melihat-lihat struktur candi di sana sambil mengabadikan gambar dan lain sebagainya.



Candi Tikus merupakan salah satu tujuan wajib yang perlu dikunjungi bila anda tengah menuju candi-candi di wilayak Kecamatan Trowulan. Candi Tikus berlokasi di Desa Temon, sama seperti Candi Bajang Ratu.

Untuk melengkapi perjalanan wisata bersejarah anda, satu lokasi candi Trowulan yang dipercaya sebagai candi-candi peninggalan zaman kerajaan Majapahit lainnya yang perlu anda datangi bersama rombongan keluarga bila datang ke Kecamatan Trowulan yaitu Candi Wringin Lawang yang ada di Desa Jati Pasar.

Selain candi dan lokasi bangunan bersejarah, ada pula Kolam Segaran yang terletak di Kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto yang dipercaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Bahkan sampai saat ini, Kolam Segaran yang ada di Desa Segaran dianggap sebagai kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia.

Masih dari wilayah Kecamatan Trowulan, ada juga bisa mengunjungi Pendopo Agung Trowulan yang ada di Desa Temon untuk melengkapi agenda perjalanan liburan selama di Mojokerto.

j. Dan masih banyak candi - candi yang terletak di sekitar wilayah mojokerto.

2. Berbagai Wisata Air terjun dan pemandian Air panas :


a. Air Terjun Coban Canggu Mojokerto
Jika anda ingin menyegarkan pikiran dan rileksasi dengan melihat-lihat pemandangan alam yang istimewa, anda dapat memilih Air Terjun Coban Canggu sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga jika berkunjung ke Mojokerto. Lokasi wisata alam ini terletak di Kecamatan Pacet, persisnya berada di Desa Padusan. Karena tempat ini cukup populer dan diminati berbagai kalangan masyarakat, maka jangan heran jika di wilayah tersebut terdapat vila-vila atau penginapan yang nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat ketika liburan bagi wisatawan.


Setelah mengunjungi Air Terjun Coban Canggu, rasanya sayang jika anda tidak mendatangi Pemandian Ubalan yang letaknya berada di Desa Padusan dan masih berada di lokasi yang sama yaitu Kecamatan Pacet, Mojokerto. Di tempat ini, anda juga bisa mengajak anak bermain di taman bermain dan melihat ikan dengan suasana yang tenang dan asri.
Pemandian Ubalan merupakan wana wisata yang terletak di Kabupaten Mojokerto. Secara administrasi Pemandian Ubalan terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jarak pemandian ubalan dengan pusat kota Pacet sekitar  1 km. Untuk tiket masuk dalam wana wisata ini sekitar Rp 7500,- untuk umum sedangkan  untuk anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya penuh, tiket ini belum termasuk retribusi, parkir, dan untuk tiket objek wisata yang terdapat di dalam wana wisata tersebut.

100_7239



Melirik ke Desa Kemloko di Kecamatan Trawas, anda juga akan menemukan lokasi wisata alam yang tidak kalah mempesona yaitu Air Terjun Dlundung. Tempat cocok bagi anda yang menyukai suasana alam yang sejuk dan merindukan suasana alam yang menenangkan.
Air Terjun Dlungdung memiliki ketinggian terjunan sekitar 50-60 meter dengan sumber airnya dari mata air pegunungan Welirang.  Terjunan airnya tidaklah deras.  Hal ini dikarenakan aliran airnya yang jatuh lebih dari setengah masih menyentuh tebing yang berundak.  Sisanya sekitar 25 m baru terjun bebas ke bawah.
Air terjun - air terjun ini berada di ketinggian ±760 meter dari permukaan laut di hutan lindung seluas 1600 ha milik Perhutani KPH Pasuruan Kabupaten Mojokerto.  Luas kawasan air terjun itu sendiri sekitar 4,5 ha. Kaki Gunung Welirang, kawasan hutan lindung Perhutani KPH Pasuruan, Kab. Mojokerto
Air Terjun Dlundung


d. Air Terjun Grenjengan 


 Air Terjun Grenjengan berlokasi di Kawasan Wisata Pacet lereng utara Gunung Welirang. Tidak jauh dari lokasi wisata air ini terdapat wisata air terjun lain yang bernama air terjun Coban Canggu. Letaknya di Desa Padusan, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto. Jarak dari pusat kota Mojokerto sekitar 31 km atau sekitar 2,9 km dari pusat kota Pacet menuju arah selatan. Akses untuk menuju Kawasan Wisata Pacet ini sangat mudah, dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat, dan kondisi jalan yang sudah baik.

e. Air Terjun Coban kembar Watu Ondo  


Coban Watu Ondo juga sering disebut Coban Kembar terletak di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Raden Soerjo yang ada di bawah lereng Gunung Welirang dan berbatasan antara Mojokerto dan kota Batu. Tepatnya terletak di Dusun sendi, Desa Pacet, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto. Berjarak sekitar 9 km dari ibukota kec. Pacet atau 3 km menuju arah barat dari pintu masuk Pemandian Air Panas Cangar.


f. Pamandian Padusan


Pemandian Air Panas Padusan Pacet terletak di Desa Padusan Pacet, Kecamatan Pacet, sekitar 3 KM dari pusat kota pacet arah selatan. Obyek wisata ini berada dilereng Gunung Welirang pada ketinggian + 800 M diatas permukaan laut, panorama alamnya sangat indah, sejuk dan nyaman. Sangat ideal untuk wisata keluarga, gathering, kegiatan outbond, pendidikan lingkungan, lintas alam, perkemahan dan renang. Fasilitas yang tersedia antara lain : kolam air panas, kolam renang air dingin bertaraf internasional, hutan wisata, bumi perkemahan, jalur lintas alam, makam sunan pangkat (krapyak), puluhan warung yang menyediakan makanan khas daerah setempat dan pondok wisata yang disewakan untuk umum dan lain-lainnya. Disekitar obyek ini juga banyak terdapat hotel, villa, warung/rumah makan/restoran dengan berbagai tipe dan kelas yang siap melayani wisatawan sesuai selera. Lokasinya juga tidak jauh dari Trowulan yang memiliki obyek wisata peninggalan Kerajaan Majapahit dan Trawas yang mempesona.

g. Dan masih banyak air terjun yang belum terexpose media di daerah mojokerto



3. Tempat Permainan Wahana Wisata & Agro Wisata 

a. Pacet Mini Water Pack
Wisata Pacet Mini Park adalah salah satu tempat wisata di Pacet Mojokerto yang paling banyak di minati, karena menawarkan tempat yang jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota dengan udara yang sejuk, bersih dan tentunya menyenangkan. Pacet Mini Park merupakan wahana tempat bermain mulai dari anak-anak sampai dewasa dapat kita jumpai saat kita berada di wisata ini, Pacet Mini Park berada di jalur utama dari Surabaya-Krian-Mojosari-Pacet lokasi tepat berada di sebelah kanan menuju pusat Pacet ayau ke kawasan Pemandian air panas Padusan, jarak tempuh dari surabaya hanya sekitar 2 jam perjalanan
Kemudian ada kegiatan outbound pacet mini park yaitu kegiatan di luar ruangan yang menyenangkan sekaligus juga dapat menjadi sarana belajar yang dilengkapi dengan permainan-permainan yang menantang, menarik untuk dicoba akan menjadi pengalaman baru dan tak terlupakan, wahana kegiatan outbound meliputi Play Ground, ATV, Flying Fox, Cross Country, Soft Game/Hard Game, Swimming Pool, Bumper Boat, Bumper Car, Camping Ground.

b.  Joglo Park 
JOGLO PARK” hadir di Kawasan Wisata Pacet Kota Mojokerto sebagai Tempat Wisata yang paling beda dg Tempat Wisata di Kawasan Wisata Pacet. Joglo Park sebagai sarana bermain dan sport air pertama dengan wahana yang terlengkap di Pacet Mojokerto. Joglo Park dilengkapi dengan Rumah Makan Joglo yang terkesan alami dan klasik. Pusat Oleh-oleh Khas Joglo juga melengkapi Tempat Wisata Joglo Park. Joglo Park Terletak di KM 3 kota Pacet – Mojokerto,
Beberapa jenis permainanan yang telah ada di Joglo Park dan bisa   dinikmati oleh semua pengunjung saat ini  adalah:
  1. Columbus
  2. ATV
  3. Kid Electric Car
  4. Jump Trampoline
  5. Buggy car
  6. Mini Flying Fox (30M)
  7. Extreme Flying Fox (180M) dengan ketinggian 6m
  8. Boomerang (Hanya ada di Bali dan Joglo Park)
  9. Family Slide
  10. Giant Water Slide ( Pertama di Jawa Timur )
  11. Perahu Dayung
  12. Play Ground
  13. Bumper Boat
  14. Kids Outbound Area


c. Obech Rafting Pacet
Kini telah hadir pendatang baru dalam dunia wisata rafting di Jawa Timur, yaitu di Sungai Kromong, Pacet – Mojokerto.
Dan ber – Basecamp di Kawasan wisata alam Bandulan, Pacet – Mojokerto, telah dilengkapi camping ground area lengkap dengan perlngkapan tenda, kamar ganti/kamar mandi yang representatif, pendopo, serta outbound area lengkap dengan fasilitas wahana outbound untuk orang dewasa maupun anak-anak.
Selain itu beberapa program kegiatan yang di tawarkan sebagian besar berbasis pada alam bebas, dan sangat cocok bagi anada yang ingin mendapatkan pengalaman di alam liar sekitar Pacet, Mojokerto.

d. Wisata Desa Randu Genengan Dlanggu

Terletak di Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu kabupaten Mojokerto. Hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Mojokerto ke arah Pacet.
Lokasinya relatif mudah dijangkau dengan semua jenis moda transportasi.
Obyek utamanya berupa kolam renang, taman bermain, dan warung-warung yang menyediakan makanan khas desa, Juga tersedia arena untuk kegiatan outbond training yang memadai.
Letaknya yang berada di tengah suasana desa yang sederhana dan khas menjadikan obyek wisata desa ini memiliki daya tarik tersendiri. Sepanjang perjalanan menuju obyek kita disuguhi panorama lingkungan pedesaan dengan suasana persawahan yang menghijau dan keramahan penduduk desa yang lugas. Memang itulah konsep dasar dibangunnya obyek wisata di tengah pedesaan ini.
 Wisata Desa juga menjadi tempat “Pelatihan Anak Cinta sekolah” diwilayah Jawa Timur, yang dilengkapi dengan fasilitas penginapan dan out bound bagi peserta pelatihan.

e. Agro Wisata Kemasan Tani Gondang
 Jadi, Kasumi ini terletak di Ds. Kemasan Tani, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Dari pertigaan Kemasan Tani belok ke arah selatan sekitar 7km. Kasumi adalah Restaurant dan Objek Wisata seluas 30ha milik Hendra Setiawan yang dibangun di kaki Gunung Welirang.

f. Taman hutan Rakyat (Tahura ) Pacet
Taman Hutan Raya Raden Soerjo (disingkat Tahura R. Soerjo) adalah sebuah kawasan pelestarian alam yang wilayahnya meliputi beberapa kawasan hutan yang berada di dalam kelompok Gunung Arjuno-Lalijiwo, yang meliputi sebagian wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Kabupaten Jombang, Kabupaten Pasuruan dan Kota Batu.
Jembatan dari Cangar Menuju ke Pacet, Kab.Mojokerto.
Lokasi Cangar dikelilingi oleh pepohonan lebat yang masih termasuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Cangar juga merupakan jalan tembus menuju Kabupaten/ Kota Mojokerto melalui Pacet. Udara yang sejuk dan lokasi yang masih alami ini sangat mendukung bagi anda yang gemar berkemah. Di lokasi perkemahan yang sudah disediakan oleh pengelola Cangar ini, anda bisa berkemah dengan bebas, namun, jangan lupa membawa baju hangat atau selimut karena pada waktu malam udara sangat dingin.


g. Wisata Toga ( Tanaman Obat Keluarga ) Sambilawang Dlanggu
Disamping itu di Kecamatan Dlanggu juga terdapat wisata Toga “Jamu Dayang Sumbi “ yang terdapat di Desa Sambilawang, yang didalamnya terdapat pusat pembuatan jamu tradional yang dikelola oleh keluarga Bapak Prof.DR(HC) H. Wahid Isnandar , tempat ini memiliki kebun toga yang cukup luas dengan mengembangkan berbagai  jenis tanaman berkhasiat obat dan sering digunakan sebagai tempat pelatihan mengenai jamu tradisional bagi penduduk Kabupaten Mojokerto atau Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur.

h. Waterland Mojokerto 
WATERLAND MOJOKERTO adalah sebuah tempat wisata berupa wahana wisata air dan adventure yang ada di Kota Mojokerto. Beralamat di Jl. Bypass mojokerto km 54 jampirogo,Sooko-mojokerto telp. ( 0321 ) 32 88 55 / ( 0321 ) 33 54 794
di Waterland Mojokerto juga ditawarkan kegiatan outbond bagi anak-anak,


4








         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar