Jumat, 13 Mei 2016

Cara membuat api dengan peralatan sederhana

Bila suatu ketika anda bepergian kesuatu tempat ,anda membutuhkan keberadaan api dan anda hanya membawa peralatan seadaanya (tidak membawa pemetik api / korek api). Berikut ini beberapa trik dan tip membuat api dari peralatan sederhana :  
1. Dari botol plastik minuman bekas dan air jernih .
Pastikan anda memiliki botol plastik minuman bekas( usahakan yang berbentuk bundar bening) , air ,dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api. Isi botol plastik minuman bekas dengan air jernih, lalu pastikan fokus titik api terkecil terbentuk dari botol minuman bekas tersebut dan arahkan diatas tumpukan sekam/rumput kering/kertas. Tunggu beberapa menit pasti akan muncul asap dari fokus titik api tersebut dan tak lama kemudian api pun muncul. 

2. Baterai dan Bungkus aluminium rokok atau permen karet.
Anda dapat memakai sembarang baterai (tapi yang masih berfungsi ya), potongan bungkus aluminium rokok atau permen karet yang bagian tengahnya dibentuk mengecil, serta sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api. Anda dapat menempelkan sekam/rumput kering/kertas/spon kering di bagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet yang telah anda bentuk. lalu tempelkan ujung-ujung bungkus aluminium rokok/permen karet di kutub-kutub baterai tersebut. Dan seketika akan muncul api dibagian tengah bungkus aluminium rokok/permen karet tersebut. 

3. Baterai dan kabel.
Anda dapat memakai sembarang baterai (tapi yang masih berfungsi ya), kabel dan spon kering sebagai media pembakaran api. Anda dapat menempelkan ujung-ujung kabel di kutub-kutub, lalu gesek-gesekan di spon kering dan tak lama spon tersebut akan terbaka.

4. Bingkai foto bekas/kayu yang berbentuk persegi dan plastik bening tipis serta air.
Prinsip kerja dalam membuat api seperti membuat api dari botol minuman bekas, air jernih air ,dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api, namun medianya diganti dengan bingkai kayu yang dibalut seluruhnya dengan plastik tipis bening dan air jernih di taruh diatas plastik tipis tersebut, sehingga membentuk fokus titik api.  

5. Plastik bening dan air.
Prinsip kerja dalam membuat api seperti membuat api dari botol minuman bekas dan air jernih, namun medianya hanya menggunakan plastik bening, air jernih air ,dan sekam/rumput kering/kertas/spon kering sebagai media pembakaran api. Masukkan air kedalam plastik bening tersebut,lalu bentuk hingga menyerupai bola dan ikat dengan kencang. pastikan anda dapat membuat fokus titik api terkecil menggunakan bola air tersebut. 

Demikian yang dapat saya infonya, semoga berguna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar