Selasa, 10 Mei 2016

Tanaman togaku

Tanaman toga mulai terlupakan

Jaman dahulu banyak kita jumpai tanaman toga disekitar kita , umumnya ditanam oleh ibu-ibu PKK di perkampungan maupun diperumahan. Yang notabene fungsi dan khasiatnya amat manjur bagi kesehatan kita meskipun reaksinya tidak secara langsung tetapi bertahap.Tapi sekarang makin sedikit kita jumpai tanaman toga disekitar kita, karena telah tergantikan oleh tanaman hias dan fungsinya telah tergantikan oleh obat kimia. Dan orang-orang sekarang tidak mau ribet dengan cara pengolahannya. 
    Tetapi selang beberapa tahun terakhir ini akibat boomingnya kembali  obat-obat herbal sebagai obat pendamping obat-obat kimia, maka tren tanaman toga mulai bergeliat kembali, dimana tanaman toga yang banyak dicari antara lain :
1. Tanaman Jahe
Selain sebagai minuman penghangat tubuh, manfaat lain tanaman jahe adalah untuk memperlancar peredaran darah, meredakan perut kembung, masuk angin, juga dapat sebagai obat batuk dan demam. 
2. Tanaman  Temulawak  
Temulawak sangat terkenal akan kandungan kurkuminnya yang dapat mengatasi peradangan dan keracunan empedu. meskipun temulawak tidak dapat digunakan sebagai obat kanker hati, namun khasiatnya mampu mencegah kanker hati dengan mengobati penyakit Hepatitis B
3. Brotowali 
Brotowali berkhasiat menurunkan gula darah, menurunkan panas dan demam, mengurangi gejala  diabetes, dan menambah nafsu makan. Beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi daunnya. Misalnya untuk mengatasi rematik, radang sendi, demam kuning , malaria , diabetes, dan menyembuhkan luka.
4. Kumis Kucing 
Tanaman ini berkhasiat untuk mengobati sembelit, infeksi ginjal, batu ginjal, diabetes, 
albuminuria, sifilis, rematik, dan darah rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar