Selasa, 10 Mei 2016

Manfaat dari baking soda

Taukah anda manfaat dari baking soda ??

Sebagaian besar orang pasti tidak tau manfaat lain dari baking soda ,karena selama ini kita hanya mengenal baking soda sebagai bahan untuk membuat adonan kue. Padahal Baking soda juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk keperluan rumah tangga. Hal ini sangat menarik untuk dikupas dan jadi bahan pertimbangan bagi sebagian orang yang menyukai cara alami, murah namun cukup super.

Terlebih dahulu kita lebih baik kita mengenal baking soda secara mendalam. Nah, apa sih Baking Soda itu? Baking soda atau Sodium Bicarbonate (Natrium Bicarbonate dalam bahasa Latinnya), dan istilah yang masih digunakan di beberapa negara diEropa) atau Na2CO3 dalam rumusan ilmiahnya.


Dalam bentuk alami, baking soda dikenal dengan nahcolite, yang merupakan bagian dari mineral alami yang disebut natron. Natron yang mengandung sejumlah besar natrium bikarbonat telah digunakan sejak zaman dahulu. Contohnya, orang Mesir sudah menggunakan natron sebagai sabun pembersihan. Sepanjang sejarah peradaban, baking soda banyak digunakan memanggang roti dan makanan lainnya.

Trus, apa bedanya Baking Soda dengan Baking Powder?

Baking soda sedikit berbeda dengan baking powder. Secara fungsi baking soda dan baking powder tidak jauh berbeda yaitu mempunyai fungsi mengembangkan adonan kue dan cookies pada saat dipanggang, tetapi perbedaannya terdapat pada bahan-bahan yang terkandung dalam baking soda ataupun baking powder tersebut.
Baking soda biasanya mengandung 100% bahan pengembang/soda biasanya yaitu Sodium Bicarbonate / Natrium Bicarbonate atau Na2CO3.
Sedangkan Baking Powder biasanya mengandung satu bahan soda/pengembang/alkali base yaitu Natrium Bicarbonate dan Satu atau lebih Pengembang Asam/Leavening Acid/Acid Base, biasaya MCP (Monocalcium phosphate) atau SAPP (Sodium Acid pyrophosphate) atau bisa juga SALP (Sodium Aluminium phosphate) atapun bisa juga citric acid. Selain mengandung satu jenis pengembang dan satu atau lebih pengembang asam, di dalam baking powder juga mengandung filler atau bahan pengisi yang biasanya menggunakan Starch atau pati. Bahan pengisi ini berfungsi untuk mencegah reaksi antara bahan pengembang (alkali base) dengan bahan pengembang asam (Acid Base) sebelum bahan tersebut digunakan di dalam adonan.


 Seiring perkembangan jaman baking soda juga dapat dijadikan bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan alat rumah tangga. Juga bermanfaat untuk kesehatan, sebagai contoh, untuk meredakan gejala asam lambung, membersihkan dan memutihkan gigi, merendam kaki yang kelelahan, mandi spa detoks, obat gigitan serangga, dll.

Oh ya sebagai catatan :

Hasil dari penggunaan baking soda ini beragam. Ada yang cocok menggunakannya,dan ada yang tidak cocok. Kulit yang sensitif biasanya tidak mudah menerima aneka perawatan kulit. Sehingga apabila kulit Anda berjenis sensitif, berhati-hati mecoba resep baking soda ini terutama untuk kecantikan atau kesehatan. Selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakannya. atau kurangi takaran atau konsistensi larutan dan hanya gunakan campuran air saja untuk meminimalisir pencetus alergi.


Macam - macam manfaat baking soda : 
 
1. Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

a. Obat kumur alami
Baking soda bisa mendinginkan mulut dan sebagai obat kumur alami. Campurkan 1 sendok teh baking soda ke dalam 100 ml air, Aduk hingga rata dan digunakan berkumur. Hal ini juga dapat menghilangkan bau mulut.

b. Menghilangkan bau badan
Caranya sangat mudah, hanya dengan menggunakannya sebagai bedak pada ketiak, dan efeknya akan menetralisir bau badan .
Sebagai antasida untuk mengurangi asam lambung
Baking soda juga sangat baik untuk menurunkan gejala asam lambung. Campurkan 1 /4 sendok teh baking soda dengan air dan minum.

c. Meredakan gatal akibat gigitan serangga
Untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga, campurkan 1 sendok teh baking soda dengan sedikit air. Gosokkan pada daerah gatal gatal, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum mandi.

d. Mengatasi Sunburn
Baking soda juga bisa mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh sengatan sinar matahari, karena memiliki efek yang mendinginkan. Caranya, basahi handuk dengan campuran air dingin dan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang iritasi atau gatal-gatal.

e. Memutihkan Gigi
Cara alami untuk memutihkan gigi adalah, hancurkan satu buah stroberi matang dan capur dengan 1/2 sendok teh baking soda. Oleskan campuran tersebut pada gigi, dan biarkan selama lima menit, kemudian sikat gigi dan berkumur. Metode ini harus dilakukan tidak lebih dari sekali dalam seminggu, karena penggunaan yang berlebihan bisa berpotensi merusak enamel gigi.

2. Manfaat Untuk Kecantikan

a. Mengangkat sel kulit mati
Salah satu kegunaan baking soda untuk perawatan kecantikan adalah untuk mengelupaskan atau mengangkat sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi seperti yang biasa Anda lakukan, setidaknya sekali dalam seminggu untuk mendorong regenerasi kulit baru. Anda dapat mengambil satu sendok makan baking soda, bisa dicampur susu biasa dan air, kemudian gosokkan ke kulit.

b. Merendam kaki yang lelah
kaki Anda yang merasa lelah bisa diatasi dengan menggunakan bak air hangat yang dicampur dengan baking soda. Hal ini tdak hanya akan membuat kaki Anda terasa bersih, baking soda juga akan menghilangkan bau. Setelah merendam kaki Anda selama sekitar setengah jam, tiriskan dan oleskan body lotion.

c. Merawat kuku
Anda juga dapat menggunakan baking soda untuk membersihkan kuku dan kutikula. Caranya, tuangkan sedikit baking soda ke dalam kuku dan gunakan sikat kuku untuk membersihkannya.

d. Masker jerawat alami
Baking soda juga dipercaya bisa membersihkan jerawat. Campurkan baking soda dengan air hangat, kemudian aduk untuk membentuk adonan kental. Oleskan masker ini pada wajah atau kulit yang berjerawat yang sebelumnya sudah dibersihkan, biarkan selama 5-10 menit, lalu bilas hingga bersih.
Perlu diingat, hasil dari penggunaan baking soda ini beragam. Ada yang cocok menggunakannya,dan ada yang tidak cocok. Kulit yang sensitif biasanya tidak mudah menerima aneka perawatan kulit. Sehingga apabila kulit Anda berjenis sensitif, berhati-hati mecoba resep baking soda ini. Selalu lakukan tes alergi sebelum menggunakannya.

3. Manfaat untuk membersihkan atau untuk Keperluan Rumah Tangga

a . Pembersih toilet
Baking soda merupakan bahan alami yang dapat membersihkan kotoran. Taburkan sedikit baking soda ke toilet, kemudian sikat secara merata. Dengan demikian, kamar mandi Anda menjadi bersih lebih efisien karena tidak harus membeli pembersih toilet.

b . Bisa Memadamkan Api lebih cepat
Masukkan baking soda kedalam botol atau wadah tertutup, lalu siapkan di dapur. Metode ini berguna untuk memadamkan api. Jika ada api kecil ketika Anda memasak, tuangkan baking soda ke sumber api.

c . Menghilangkan noda membandel
Anda dapat membersihkan noda membandel pada pakaian dengan baking soda. Campurkan 1/4 cangkir baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Baking soda ini bisa menghilangkan kotoran yang sulit dibersihkan.

d . Membersihkan Buah dan Sayuran
Baking soda bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada sayuran dan buah-buahan yang baru dibeli. Isikan air ke dalam mangkuk besar atau panci, tambahkan dua sendok makan baking soda, dan gunakan untuk mencuci buah dan sayuran. Hal ini akan membuatnya lebih bersih daripada menggunakan air biasa.

e. Membersihkan saluran air rumah tangga
Mungkin Anda kesal dengan masalah selokan yang tersumbat oleh sampah rumah atau lainnya. Taburkan satu cangkir baking soda dan 1 botol besar air panas ke dalam saluran pembuangan. Selain ekonomis, metode ini bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi pada saluran pembuangan rumah tangga. 

f. Pembersih Lap atau Serbet
Setiap rumah harus memiliki beberapa kain pembersih debu, atau yang sering kita sebut dengan serbet. Debu terkadang sulit untuk dihilangkan dengan menggunakan sabun biasa. Anda dapat merendam kain lap atau serbet yang kotor ke dalam air yang sudah dicampur dengan baking soda, dan biarkan beberapa menit. Cara ini akan membuat kotoran akan terangkat dengan sendirinya .

g . Membersihkan Microwave
Mencuci microwave biasanya sulit karena bahan makanan lengket yang sudah mengering. Baking soda juga bermanfaat untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel dalam oven microwave dengan mudah. Masukan baking soda ke dalam wadah air dan panas dalam microwave selama 1 sampai 2 menit. Dengan cara ini, kerak sisa makanan yang menempel dalam microwave akan lebih mudah untuk dibersihkan.

h . Penghilang bau
Masukan baking soda di dalam wadah terbuka didalam lemari es. Baking soda bisa menjaga kesegaran pada makanan atau minuman untuk menghindari kontaminasi oleh bau yang tidak enak. Bau kulkas bisa berasal dari makanan mentah seperti ikan dan daging atau makanan yang sudah lama disimpan.
Selain itu, Anda juga bisa menaburkan sedikit baking soda di tempat sampah di sekitar rumah atau karpet. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, dan hal ini akan menghilangkan bau pada karpet dan seluruh ruangan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar