Selasa, 05 April 2016

Pemberian fasilitas kepada anak


Hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dalam memberikan fasilitas kepada anaknya


           Dalam era yang modern ini kita di tuntut lebih dalam memberikan fasilitas kepada anak kita guna menunjang segala baik dari segi pendidikan dan kemampuannya.

           Dalam memberikan fasilitas kepada anak , kita para ortu tidak hanya sekedar hanya memberikan fasilitas tersebut , tetapi wajib mengajari tentang penggunaannya serta membangun kesadaran dalam tanggung jawab dalam penggunaan dan kepemilikannya. Sehingga dapat dipastikan anak – anak kita akan selalu menggunakan fasilitas yang kita berikan benar – benar untuk kebaikkan mereka.
           Dimana semakin canggih fasilitas yang kita berikan, maka semakin besar pula tanggung jawab yang dibutuhkan oleh anak, karena resiko yang dimiliki juga semakin besar.
read more
           Tanggung jawab terhadap fasilitas hendaknya harus disesuaikan berdasarkan :
1.       Umur si anak.
2.       Kecakapan / kemampuan sianak dalam menggunakan fasilitas.
3.       Kegunaan fasilitas tersebut.
4.       Pemahanan anak terhadap fasilitas tersebut.
5.       Kepedulian anak terhadap fasilitas tersebut.

            Orang tua juga harus bisa dan mampu memprediksi manfaat dan resiko dari suatu fasilitas yang akan diberikan kepada anak, karena sering kita menemukan kejadian dimana anak dipaksakan untuk belajar bertanggung jawab terhadap fasilitas yang diberikan , akan tetapi si anak belum mampu / kurang mampu dalam menerima fasilitas tersebut, sehingga terjadi hal – hal yang tidak semestinya dan berbuntut dalam hal penyesalan.

            Tanggung jawab terhadap fasilitas dapat berbentuk penggunaan pada jalan semestinya, penggunaan fasilitas pada hal – hal bermanfaat , kemampuan anak dalam memahami resiko penggunaan , selalu merawat dan menjaga fasilitas tersebut serta pemahanan anak terhadap waktu penggunaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar