Kamis, 07 April 2016

Kenali tipe kecerdasan anak anda

Setiap orang tua pasti menginginkan anak menjadi anak yang cerdas, tapi sudah kita para orang tua mengetahui bahwa kecerdasan dibagi berdasarkan beberapa jenis. Tepatnya ada 9 jenis tipe kecerdasan, termasuk ditipe manakah anak kita?

Mari kita mengenal 9 tipe kecerdasan tersebut : 

1. Intellegence of Word (Kecerdasan Mengolah Kata)

Seseorang yang memiliki kecerdasan ini mengacu pada penggunaan bahasa lisan maupun tulisan dan kemampuan berbahasa dengan baik dan efektif.
Biasanya orang yang memiliki kecerdasan tipe ini dapat menghibur, mengajar, meyakinkan dan memberikan argumentasi dengan bahasa yang sangat baik dan benar ,dapat dikatakan bahwa orang yang memiliki kecerdasan ini dapat beragumen dengan baik.
Kecerdasan tipe ini dapat ditemukan pada seorang programmer komputer, dan sutradara.
Baca lebih lanjut

2. Intellegence of Logic (Kecerdasan Logika)

Seseorang yang memiliki kecerdasan tipe ini mengacu pada penalaran, logika, dan mengolah angka yang baik. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini memiliki pemikiran yang rasional.
Orang yang memiliki Kecerdasan tipe ini mempunyai kemampuan untuk memahami argumen lawan bicara dengan logis dan dapat memecahakan masalah matematika dengan baik dengan menggunakan kecerdasan logis dan matematis. Para Ilmuan kebanyakan memiliki kemampuan ini untuk mendapatkan suatu hipotesa sebelum di uji.
Bentuk kecerdasan ini termasuk yang paling mudah distandarisasikan dan diukur. Kecerdasan ini sebagai pikiran analitik dan sainstifik, dan bisa melihatnya dalam diri ahli sains, programmer komputer, akuntan, banker dan tentu saja ahli matematika. Tokoh2 yang terkenal antara lain Madame Currie, Blaise Pascal, B.J. Habibie.

3. Intellegence of Visual (Kecerdasan Visual)

Seorang dengan kecerdasan ini memiliki tingkat seni yang tinggi. Kecerdasan ini mengacu pada visualisasi, gambar, ruang, dan tentang gambaran perasaan seseorang. 
Kecerdasan tipe ini dapat ditemukan pada seorang pelukis, pematung, desainer, dan arsitek.  

4. Intellegence of Music (Kecerdasan Musikal)

Tipe kecerdasan ini sangat peka dalam hal musik, dan juga memiliki kemampuan ini sangat baik dalam mengingat, menyanyikan, dan menciptakan suatu irama musik.
Kecerdasan ini biasanya mempunyai suara yang merdu dan sangat baik dalam mengidentifikasi suatu nada. Mereka dengan kecerdasan ini sangat sentitif, bisa bekerja dengan mendenfarkan musik, juga mahir dalam memainkan alat musik.

5. Intellegence of Physical (Kecerdasan Fisik)

Orang yang memiliki kecerdasan tipe ini mampu mengendalikan gerak tubuh dengan baik. seperti lincah, kekuatan, gerak fleksibel, seimbang, dan juga kemampuan taktis yang baik.
Bentuk kecerdasan ini memungkinkan terjadinya hubungan antara pikiran dan tubuh yang diperlukan untuk berhasil dalam aktivitas2 seperti menari, melakukan pantomim, berolahraga, seni bela diri dan memainkan drama. Sebut saja Michael Jordan, Martha Graham (penari balet), Susi Susanti.

6. Intellegnce of People (Kecerdasan Intrapersonal)

Tipe Kecerdasan ini mengacu pada banyak hal, mulai dari kemampuan untuk memimpin, berempati, dan kemampuan untuk mengorganisir orang lain. 

7. Intellegnce of Self (Kecerdasan Interpersonal)

Tipe Kecerdasan ini dapat dengan mudah mengetahui perasaan sendiri, memperkaya, membimbing, dan membedakan berbagai macam kondisi yang terjadi pada dirinya. Kecerdasan ini juga punya sebuah kemampuan khusus yaitu kemampuan Stasioner.

8. Intellegence of Nature (Kecerdasan Natural)

Seseorang yang memiliki kemampuan ini sangat peka terhadap Alam, apa yang terjadi dengan alam, menyenangi dan menyayangi alam. Mereka dapat berhubungan baik dengan alam apa lagi lingkungan sekitarnya, biasanya mereka pasti memiliki hewan peliharaan atau pun memelihara bunga. Seorang yang memiliki kecerdasan ini biasanya menjadi ahli biologi, pecinta alam ataupun aktifis lingkungan.

9. Intellegence of Existence (Kecerdasan Intuitif)

Kecerdasan Intuitif adalah kecerdasan yang dimiliki seseorang dengan tingkat insting yang baik. Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini peka terhadap makna kenapa kita hidup di dunia ini. Seseorang yang mempunyai kecerdasan ini dapat mengetahui sesuatu yang benar atau salah dari insting dan naluri yang dia miliki.
Kecerdasan ini juga biasa disebut kecerdasan spiritual dimana Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan rohaniah, yang menuntun diri kita menjadi manusia yang utuh, berada pada bagian yang paling dalam diri kita. Bentuk kecerdasan ini dapat dipandang sebagai sebuah kombinasi dan kesadaran interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan sebuah komponen “nilai” yang ditambahkan padanya.

Pada setiap anak dan kita juga, pasti terdapat satu salah  tipe kecerdasan yang menonjol. Ayo temukan!!!. Kita dapat juga mengembangkan berbagai tipe kecerdasan (multiple intelligences) pada anak kita yang mana nantinya sangat berguna dan bermanfaat untuk bekal hidupnya di masa depan. 

Seperti hanya kita melatih anak kita mendengarkan music yang berguna menstimulasi untuk kecerdasan awal dan melatih kosakata bahasa pada anak kita, serta mengembangkan pola bermain dan belajar yang mana sangat efektif untuk anak usia 1-12 tahun. Dimana pada masa-masa saat itu anak sedang dalam masa pertumbuhan otak, eksplorasi bakat, pembentukan pribadi dan masa yang sangat menentukan dalam perkembangan kecerdasan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar